Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemahaman Mengenai Hosting

portafixe.com Web hosting adalah layanan online yang dapat untuk mengonlinekan website maupun aplikasi web yang menggunakan server internet. Saat Anda melakukan pembelian atau mendaftar suatu layanan hosting, pendaftaran tersebut berupa peminjaman server yang dapat menyimpan berbagai jenis file dan data yang untuk kebutuhan website.

 


Server merupakan sebuah komputer fisik yang dijalankan tanpa adanya penghentian supaya website Anda dapat diakses kapan saja dan oleh siapa saja.  Web host mempunyai tugas untuk menjaga server supaya tetap aktif dan berjalan, memastikan keamanan dari serangan cyber yang berbahaya, dan memindahkan konten baik teks, gambar, atau file dari server ke browser pengunjung website Anda.

 

Cara Kerja Web Hosting

Jika Anda ingin membuat sebuah website, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari perusahaan web hosting yang menyediakan space terhadap server. Web host dapat menyimpan semua jenis file, aset, dan juga database pada server. File-file bisa berupa konten artikel, video, gambar, dokumen apapun yang harus disimpan di dalam server.

Pada saat seseorang mengetikkan nama domain ke bagian kolom alamat browser, maka host akan mentransfer semua file yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan request.

Jenis-jenis Web Hosting

Semua penyedia jasa hosting akan menawarkan jenis hosting yang berbeda tergantung dengan keinginan dan kebutuhan klien. Berikut contoh hosting yang paling sering digunakan:

      Shared Hosting

Shared hosting merupakan jenis hosting tradisional yang dapat membagi satu server ke beberapa pengguna sekaligus. Pembagian tersebut tergantung kekuatan server. Kelebihan dari layanan hosting ini adalah harganya yang sangat terjangkau. Karena Anda dapat membayar sewa server dengan cara patungan bersama pengguna lainnya.

Namun, jika website Anda atau website pengguna lainnya yang berada di satu server dengan Anda sedang mendapatkan traffic tinggi, maka website lainnya akan mengalami kemacetan atau akses loading page yang lambat.

Selain itu, ketika sebuah server mengalami kerusakan, penyedia hosting tentunya memerlukan waktu untuk perbaikan, dan waktu tersebut belum bisa dipastikan kapan selesainya, karena server tersebut harus diperbaiki secara manual.

      VPS (Virtual Private Server) Hosting

VPS merupakan titik tengah antara cloud hosting dan dedicated server. Server ini memiliki fungsi yang mirip dengan dedicated server namun harganya jauh lebih terjangkau seperti cloud atau shared hosting. Kelebihan VPS lainnya adalah akses root ke ruang virtual sendiri yang dapat memberikan kenyamanan untuk Anda pengguna server.

      Cloud Hosting

Hampir sama dengan dengan server shared, cloud hosting juga bisa dipakai oleh beberapa pengguna sekaligus. Bedanya, di cloud hosting para pengguna server tidak hanya mengandalkan satu server, karena terdapat beberapa server yang saling terhubung.

Dan ketika salah satu server mengalami kerusakan, maka server lainnya akan langsung mengambil alih hostingan dan durasi downtime di sebuah website akan terkena pemangkasan yang cukup banyak.

      WordPress Hosting

WordPress merupakan CMS atau sistem manajemen konten yang paling sering dan paling banyak digunakan hampir di seluruh dunia. Kelebihan dari wordpress ini dapat dilihat dari tipe websitenya.

      Dedicated Server Hosting

Untuk server jenis ini Anda dapat melakukan kontrol secara maksimal terhadap server hosting yang akan digunakan oleh website Anda. Lebih tepatnya, Anda dapat menguasai seluruh channel hosting yang telah disediakan oleh penyedia server tersebut. Pilihan dedicated server sangat tepat untuk Anda yang memiliki traffic tinggi.

Namun, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah budget. Budget server ini jauh lebih besar dibanding server lainnya. Untuk pengguna server jenis ini kurang tepat bagi yang websitenya merupakan website individual.

Server dedicated ini lebih tepat digunakan oleh perusahaan - perusahaan besar yang memerlukan kontrol dan pengawasan secara berkala. Dedicated server memerlukan ruangan yang secara khusus dilengkapi pendingin selama 24 jam. Hal tersebut dapat menjaga temperatur mesin server supaya tetap stabil.

Terkait dengan website, Anda dapat memaksimalkan kualitas website dengan baik dengan cara membuat konten yang menarik berdasarkan SEO. Konten yang berupa file tersebut nantinya akan disimpan dan di server hosting yang telah Anda pilih sebelumnya. Untuk SEO Anda bisa menggunakan jasa SEOMEDIA dalam mengoptimalkan website bisnis yang Anda miliki.

Posting Komentar untuk "Pemahaman Mengenai Hosting"