Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Konten Menarik Ala Graphic Designer

portafixe.com Selain memperbaiki kualitas konten tulisan, ada hal lain yang tidak boleh terlewatkan yaitu gambar di konten. Gambar menarik dapat dibuat melalui desain grafis yang bisa memberikan informasi sekaligus mengajak pembaca agar lebih tertarik pada konten maupun produk.



Berbeda halnya dengan website, desain grafis dibuat melalui aplikasi seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Indesign, atau lainnya. Nah, untuk mengetahui jenis dan tips membuat desain grafis ala graphicdesigner. Yuk, simak pembahasan di bawah ini.

Jenis-jenis

Ada 8 jenis design graphic untuk saat ini, diantaranya adalah :

1.     Identitas visual

Jenis identitas visual akan menampilkan komunikasi secara visual identitas lembaga, perusahaan, serta produk. Seringkali jenis ini digunakan untuk membuat ciri khas produk atau jasa. Tentunya penggunaan ini dapat membantu konsumen dalam mengidentifikasi sebuah merek.

2.     User interface

User interface digunakan untuk penggunaan perangkat atau aplikasi. UI fokus pada pengalaman visual pada pengguna layar, mouse, serta keyboard.

3.     Pemasaran dan periklanan

Jenis ini sangat tepat digunakan apabila ingin mempromosikan bisnis melalui konten di website. Sebab dapat membantu konsumen mengambil keputusan dalam membeli suatu produk. Tentunya untuk membuat konten tidak monoton diperlukan konten visual menarik pula.

4.     Publikasi

Publikasi lebih fokus pada tampilan di buku, majalah, koran, serta katalog. Desainer grafis akan memperhatikan topografi sekaligus tata letak sebuah fotografi, ilustrasi, dan grafik di konten website.

5.     Motion grafis

Motion grafis merupakan kolaborasi antara tipografi, ilustrasi, videografi, serta fotografi. Hasil dari desainnya terdiri dari animasi, audio, tipografi, dan lain sebagainya.

6.     Packaging

Membuat bentuk kemasan bukanlah hal mudah sebab ada banyak pertimbangan sebelum membuatnya. Oleh karena itu, dibutuhkan konsep jelas, ide, pengembangan market, serta identitas sebuah produk.

7.     Grafis lingkungan

Desain jenis ini bisa memudahkan seseorang mengingat sebuah tempat karena lebih menarik, mudah dinavigasi, sekaligus informatif. Contohnya adalah mural dinding, interior toko, pameran museum, signage, dan lain-lain.

8.     Seni dan ilustrasi

Desain seni akan menunjukkan berbagai bentuk, sedangkan ilustrasi bisa dijadikan cara untuk bercerita. Contoh dari desain ini adalah novel grafis, desain baju, video game, dan masih banyak lagi.

Itulah jenis desain grafis yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi produk Anda. Lalu, apa saja tips membuat desain grafis?

Tips Membuat Design Graphic

Berikut ini adalah cara membuat agar lebih menarik, yaitu :

1.     Tone warna

Untuk membuat identitas suatu produk, Anda bisa memilih ingin menggunakan tone warna jenis apa. Tone warna hangat dapat menunjukkan kelincahan, sedangkan tone warna dingin bisa menunjukkan ketenangan dan kenyamanan.

2.     Gunakan gaya dan warna font selaras dengan gambar

Sesuaikanlah penggunaan font dan warna sesuai dengan tone warna dari gambar. Jangan menggunakan jenis font yang sulit terbaca. Bahkan Anda bisa menggunakan jenis font yang bisa menjelaskan makna gambar.

3.     Atur elemen

Perhatikan setiap elemen secara tepat pada gambar Anda. Jangan menggunakan terlalu banyak elemen yang membuat gambar terlalu penuh. Komposisi pada gambar juga harus disesuaikan agar tidak tumpang tindih.

4.     Mudah dimengerti

Desain rumit memang sulit diplagiasi, namun Anda juga harus memikirkan apakah desain tersebut bisa dipahami oleh konsumen atau tidak. Sangat penting untuk menampilkan makna yang mudah dipahami, agar konsumen lebih mengingat packaging atau ciri khas produk tersebut.

5.     Sesuaikan dengan background

Apabila ingin membuat logo produk, Anda perlu memperhatikan penggunaan background yang tepat. Pilih background dengan warna yang tepat dengan gambar.

6.     Gunakan efek transparan

Efek transparan dapat memberikan efek tipografi dan font terlihat lebih nyata. Anda dapat mengaplikasikannya di bagian tertentu, misalnya di bagian latar.

Itulah penjelasan mengenai jenis dan tips desain grafis ala graphic designer yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Selain itu, bisa digunakan pula untuk melengkapi konten yang ada di website.

Agar proses memasarkan produk melalui konten maupun visual berjalan dengan lancar, Anda bisa menggunakan jasa SEO yang bisa memberikan pelayanan lengkap serta terpercaya. Kunjungi laman website SEOMEDIA di https://seomedia.co.id untuk mendapatkan penawaran terbaik. Akan ada layanan konsultasi gratis untuk meningkatkan traffic website Anda.  

Posting Komentar untuk "Membuat Konten Menarik Ala Graphic Designer"