Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Hosting, Server, dan Domain

PORTAFIXE - Ketika hendak berbisnis, mulai membikin blog, atau apa saja alasanmu membikin laman, kau perlu mengenal istilah berkaitan laman supaya tidak salah mengerti. Sebagian istilah seperti hosting, server, dan domain akan sering kali kau dengar ketika hendak membikin sampai mengelola laman. Seketika, apa perbedaan hosting, server, dan domain?

Perbedaan Hosting, Server, dan Domain

Hosting

Hosting ialah daerah untuk menaruh data yang ada di laman. Hosting ditempatkan dalam sebuah server. Meskipun sama-sama menampung data, tetapi bedanya hosting dengan server, adalah server memiliki hard disk, RAM sampai prosesor, yang wujud dan ukurannya disesuaikan untuk disimpan di rack server.

Ada sebagian variasi hosting yang bisa kau pahami, dua di antaranya yakni shared hosting dan cloud hosting. Shared hosting yakni variasi hosting dengan harga relatif murah yang diaplikasikan oleh sebagian laman sekalian. Artinya, hosting yang kau pakai berada pada server yang juga diaplikasikan oleh orang lain sehingga kecepatan laman malah terbagi-bagi oleh para pengguna lain.

Kecuali itu, ada pula yang disebut dengan cloud hosting, adalah hosting yang disimpan pada server dan terhubung via cloud berbasis dunia online. Oleh sebab itu, jumlah server yang diaplikasikan dapat lebih dari satu server sehingga ketika terjadi permasalahan, server lain yang terhubung dengan dunia online bisa menjadi cadangan sementara sampai permasalahan tuntas.

Di Dewaweb, kami memakai hosting berbasis dunia online alias cloud hosting sehingga kau dapat menerima jaminan up-time laman sampai 100% untuk paket hosting apa saja layak keinginanmu. Kecuali itu, sekiranya kau membeli Paket Warrior selama minimal setahun, kau dapat sekalian merasakan tema dan plugin premium!

Secara garis besar, saat kau menyewa layanan hosting, karenanya yang kau temukan yakni jasa penyimpanan data yang nantinya diaplikasikan untuk laman-mu, seperti data dalam wujud teks, video, audio, gambar, file dan lainnya. Kini, yuk cari tau variasi hosting apa yang layak buat kau, dari sini.

Simak Video Pengertian dan Tutorial Komplit Hosting berikut:

Server

Server yakni sebuah cara komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam satu jaringan komputer. Fungsinya yakni untuk mengerjakan fungsi perangkat lunak yang membatasi jalan masuk untuk masuk ke dalam jaringan dan sumber kekuatan yang terdapat di dalamnya. Server wajib senantiasa disimpan di sebuah data center yang didorong oleh fasilitas komplit supaya mesin server bisa berprofesi maksimal ketika diakses dari segala dunia dan tak gampang rusak sehingga bisa bertahan lama.

Secara garis besar, server akan berprofesi saat ada permintaan dari klien. Klien yang dimaksud yakni kau ketika mengakses dunia online via browser. Pasalnya, saat kau memakai dunia online, berharap tidak berharap kau juga mengakses laman, entah google.com, bing.com, dan sebagainya. Sesudah itu, server akan mengirimkan berita ke perangkatmu layak apa yang kau cari.

Domain

Domain yakni nama yang telah diatur dan dipegang oleh sebuah badan pengelola nama domain yang di Indonesia dipegang oleh Pengelola Nama Domain Maya Indonesia (PANDI). Sekiranya laman diibaratkan sebuah rumah, karenanya domain yakni domisili rumah yang menggantikan “letak geografis” rumah yang dalam konteks ini menggantikan domisili IP (IP address).

Saat kau mengeluarkan tarif untuk sebuah nama domain, kau cuma bisa menyewanya sehingga tiap-tiap tahun kau wajib memperbarui izin memakai nama domain yang kau pakai. Melainkan di Dewaweb, kau dapat menerima free sewa nama domain seumur hidup. Kenal berita lebih komplit dari sini, ya!

Kesimpulan

Sesudah membaca penjelasan mengenai perbedaan hosting, server, dan domain di atas, coba ingat lagi di mana daerah untuk menaruh data-data di dalam laman-mu? Ingat, sesudah memiliki domain, kau masih wajib meregistrasikan akun hosting supaya bisa menerbitkan sebuah laman.

Tapi, saat memilih hosting untuk laman, pastikan hosting hal yang demikian terjamin kecepatan dan keamanannya, supaya kau tidak kerepotan mengeluhkan permasalahan pada laman sehingga laman-mu bisa senantiasa dipercaya. Psst, akan lebih bagus lagi sekiranya penyedia hosting-mu siap menolong kau tiap-tiap hari selama 24 jam.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Hosting, Server, dan Domain"